Sekretariat

Sekretariat: Kompleks Pemerintahan Kecamatan Kresek, Jalan Syech Nawawi 1, Kresek, Tangerang, Banten 15620

Sabtu, 06 Oktober 2012

Pakaian Dinas Paskibra

Anggota Paskibra harus selalu tampil rapi, pakaiannya pun selalu teratur menyesuaikan kegiatan yang dihadiri.
Berikut pakaian-pakaian dinas anggota paskibra:

PDU (Pakaian Dinas Upacara)

Sumber: republika.co.id
Terdiri dari jas khusus berwarna putih dan celana panjang/rok berwarna putih. Memakai syal khusus berwarna dasar merah dengan tali warna putih; memakai sarung tangan warna putih; memakai sepatu pantopel; putra mengenakan peci hitam dan putri mengenakan met.

lambang Garuda Pancasila disematkan di peci/met sebelah kiri, memakai epolet berwarna hijau berlambang bunga teratai putih di kedua pundak, terdapat name tag di dada sebelah kanan dan memakai LK (Lencana Kepemimpinan) di dada kiri; terdapat lambang Paskibra di lengan kanan dan lambang daerah di lengan kiri. Dalam upacara pengukuhan Paskibra, disematkan kendit (ikat pinggang yang terbuat dari kain) berwarna hijau atau merah.
  • PDU dipakai ketika bertugas atau dalam kesempatan khusus 
  • Dapat dirangkap jaket dengan membuka atribut-atributnya terlebih dahulu 
  • Pemakai senantiasa menjaga kode etik PDU

PDH (Pakaian Dinas Harian)

Terdiri dari kemeja lengan panjang atau pendek berwarna putih dengan lambang Paskibra Sekolah di lengan kanan dan lambang daerah di lengan kiri, celana panjang/rok warna hitam, mengenakan dasi hitam dan memakai sepatu pantopel.

PDH dilengkapi dengan epolet di kedua pundak; emblem di kerah baju sebelah kiri; name tag di atas saku dada kanan; LK di atas saku dada kiri.
  • PDH dipakai dalam kegiatan keseharian Paskibra 
  • Pemakai senantiasa menjaga kode etik PDH

PDL (Pakaian Dinas Lapangan)

Terdapat 2 jenis PDL: PDL 1 untuk capas (calon paskibra), dan PDL 2 untuk senior

PDL 1

terdiri dari baju kaos warna putih berkerah, celana panjang/rok dengan warna yang menyesuaikan PSAS (Pakaian Seragam Asal Sekolah).

PDL 2

terdiri dari baju kaos dengan motif yang telah disepakati bersama (biasanya PDL 2 menunjukkan identitas setiap angkatan) dan celana panjang/rok berwarna hitam.

PDL dipakai dengan atribut emblem sesuai tingkatan di kerah baju sebelah kiri, dan name tag di dada kanan. Membawa/memakai topi menyesuaikan tingkatan (capas memakai topi sekolah; senior memakai topi khusus) dan hanlat (handuk latihan) yang dilipat rapi dan disimpan dengan menyisipkan ujung-ujungnya di antara baju dan celana/rok bagian belakang. PDL 1 dilengkapi juga dengan pita merah-putih di lengan kanan. Pita merah putih juga dipakai sebagai ikat rambut oleh capas putri.
  • PDL dipakai pada saat latihan: Latihan Satuan, Latihan Satuan Gabungan, Latihan Gabungan 
  • Pemakai senantiasa menjaga kode etik PDL

PDP (Pakaian Dinas Pesta)

PDP terbagi 3, namun memiliki atribut yang sama yaitu emblem sesuai tingkatan di kerah baju sebelah kiri, dan name tag di dada sebelah kanan.

PDP I

Biasa disebut PDB (Pakaian Dinas Batik) karena terdiri dari baju bermotif batik dengan celana panjang/rok berwarna hitam.
  • PDP I dipakai ketika menghadiri acara resmi yang dihadiri oleh pejabat atau orang yang dituakan

PDP II

Terdiri dari kemeja kotak-kotak dan celana panjang/rok berwarna hitam. Biasa disebut juga PDK (Pakaian Dinas Kotak-kotak).
  • PDP II dipakai ketika menghadiri acara resmi kepaskibraan yang tidak dihadiri oleh pejabat atau orang yang dituakan

PDP III

Merupakan pakaian bebas yang menyesuaikan acara yang dihadiri dan tetap menjaga etika sopan santun.
  • PDP III dipakai saat menghadiri acara kecil bersama Paskibra

Lain-lain

Dalam kegiatan-kegiatan kepaskibraan lain - seperti pembukaan Latihan (Latsat, Latsatgab maupun Latgab), seleksi Paskibra, training center (tece), dan lain-lain - biasanya ditemui pakaian-pakaian yang menyesuaikan masing-masing sekolah:

  • PSAS (Pakaian Seragam Asal Sekolah), pada umumnya adalah kemeja putih dengan celana/rok abu-abu untuk tingkat SLTA dan biru untuk tingkat SLTP. Biasanya dilengkapi dengan topi sekolah;
  • PDO (Pakaian Dinas Olahraga), sebenarnya adalah pakaian olahraga sekolah, namun sering disebut sebagai pakaian dinas olahraga.
Itulah macam-macam pakaian dinas Paskibra. Untuk tahu lebih jelas lagi, bergabunglah dengan organisasi Paskibra Sekolah yang ada di sekolahmu. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar