Sekretariat

Sekretariat: Kompleks Pemerintahan Kecamatan Kresek, Jalan Syech Nawawi 1, Kresek, Tangerang, Banten 15620

Selasa, 25 September 2012

LATSATGAB I

Salah satu tujuan didirikannya organisasi Paskibra Sekolah adalah untuk mempersiapkan putra-putri bangsa untuk dapat melaksanakan tugas pengibaran Sang Merah-Putih pada peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus.
Agar tujuan itu dapat terlaksana dengan baik, maka harus diadakan latihan-latihan yang menunjang tujuan itu tercapai. Berdasarkan tempat dan pesertanya, terdapat 3 jenis latihan dalam organisasi Paskibra Sekolah:
  1. Latihan Satuan (LATSAT), diselenggarakan oleh satuan/sekolah dan hanya diikuti oleh anggota satuan/sekolah. 
  2. Latihan Satuan Gabungan (LATSATGAB), diikuti oleh anggota Paskibra Sekolah yang beasal dari beberapa satuan/sekolah yang saling berdekatan, biasanya diselenggarakan oleh koordinator wilayah dalam suatu kecamatan. 
  3. Latihan Gabungan (LATGAB), diselenggarakan oleh Pengurus Paskibra Sekolah kabupaten/kota dan diikuti oleh seluruh satuan/sekolah yang berada di wilayah kabupaten/kota tersebut.
Paskibra Sekolah Korwil Kecamatan Kresek telah melaksanakan LATSATGAB pertamanya untuk angkatan 2013 dengan tema "Menjadi remaja aktif yang kreatif dan positif" pada hari Minggu, 23 September 2012 yang diikuti oleh lebih dari 100 orang cacapas (calon calon-Paskibra) yang berasal dari berbagai sekolah di Kecamatan Kresek, beberapa sekot (senior kolot) pun hadir untuk memantau kegiatan ini.
Materi yang diberikan adalah materi-materi dasar Paskibra: sejarah Paskibra, logo Paskibra, moto Paskibra dan Peraturan Penghormatan Militer (PPM). Tidak perlu waktu lama untuk menyampaikan materi-materi tersebut karena para cacapas telah dibekali dasar-dasar kepaskibraan oleh senior mereka pada LATSAT di sekolahnya masing-masing.
Para cacapas juga diperkenalkan dengan pakaian-pakaian dinas kepaskibraan:
  • Pakaian Dinas Upacara (PDU) 
  • Pakaian Dinas Harian (PDH) 
  • Pakaian Dinas Pesta I (PDP I) 
  • Pakaian Dinas Pesta II (PDP II) 
  • Pakaian Dinas Pesta III (PDP III) 
  • Pakaian Dinas Lapangan (PDL)
Selain itu, untuk mencairkan suasana, para senior muda memberikan games berupa teka-teki yang melatih kreatifitas para cacapas dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan petunjuk-petunjuk tertentu. para cacapas pun antusias untuk menyelesaikan teki-teki tersebut dan beberapa kali saling bergantian mencoba menjawab di depan teman-temannya yang lain, dan tidak ada satupun cacapas yang dapat menyelesaikan teka-teki tersebut hingga akhirnya senior muda menjawabnya dengan sangat sederhana. Seperti biasa, "senior selalu lebih berpengalaman dibanding juniornya" lol...
LATSATGAB ini pun diikuti oleh seorang cacapas yang "unik". Dia berpostur tegap, tubuhnya proporsional, secara fisik ia cocok untuk dicalonkan menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Tangerang. Sayangnya ada yang kurang dari cacapas ini: pakaiannya kurang rapi, potongan rambutnya kurang rata, dan dia juga kurang lancar berbahasa Indonesia -kurang ganteng pula-. Ia sangat jenaka dan membuat kami tertawa terbahak-bahak karena tingkah dan celotehnya, Ia menjadi bintang pada siang itu. Ia berjanji akan memperbaiki penampilan dan tentunya membiasakan diri berbahasa Indonesia.
Sebelum kegiatan ditutup dengan apel sore, para senior muda menyimulasikan PBB dasar kepada para cacapas dan cacapaspun terlihat kagum dengan penampilan itu.
Begitulah suasana LATSATGAB pertama hari Minggu kemarin. Selamat datang 2013, tetap semangat di LATSATGAB II dan seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar